Friday, March 21, 2014

Yang mau ikut OSK? Ini nih tips untuk anda



OSN merupakan sebuah ajang bergengsi di Indonesia. OSN merupakan ajang pencarian calon generasi muda berbakat. OSN diselenggarakan untuk jenjang SD, SMP, SMA sederajat di Indonesia. Adapun materi yang diujikan di OSN meliputi Matematika, Fisika, Kimia, Biologi, Astronomi, Komputer, Ekonomi, Kebumian, dan Geografi. Untuk jenjang SMA ada 9 bidang yang disediakan seperti yang telah saya sampaikan sebelumnya. Sementara untuk jenjang SMP ada 4 bidang yang disediakan, yaitu : Matematika, Fisika, Biologi, IPS. Dan untuk jenjang SD hanya ada 2 bidang yang disediakan, yaitu : Matematika dan IPA.


Sebelum mengikuti OSN, kita akan mulai dari seleksi tingkat sekolah, setelah itu baru kita akan ikut seleksi tingkat kabupaten yang sering disebut OSK atau Olimpiade Sains tingkat Kabupaten. Disini saya akan memberi tips untuk menghadapi OSK. Tips ini berlaku bukan hanya untuk menghadapi OSK, tetapi juga sebagai strategi belajar, yaitu

· Cari sebanyak-banyaknya referensi materi yang berkaitan dengan olimpiade yang kalian ikuti

    Referensi disini tidak hanya bisa kalian temukan di perpustakaan atau toko buku saja, melainkan bisa kalian temukan di internet. Karena perkembangan teknologi sudah semakin pesat, materi pembelajaran bisa kalian temukan dengan mudah di internet.

·       Pelajari soal-soal tahun lalu.  

   Dengan mempelajari dan mengetahui soal-soal tahun lalu kita setidaknya mempunyai bayangan tentang seperti apa sih soal OSK itu. Dan yang harus diingat. Tiap tahun tingkat kesulitan soal selalu naik dan soal-soalnya hampir tidak mungkin sama seperti tahun lalu. Kecuali saat OSN, Soal OSN selalu beda dari tahun ke tahun.

·       Rajin berlatih
    
    Diri kita bisa diibaratkan dengan sebuah pisau. Sebuah pisau bila diasah terus-menerus maka pisau tersebut akan semakin tajam, jika tidak maka pisau tersebut akan tumpul. Sama halnya dengan diri kita. Bila kita berlatih terus-menerus, maka kita akan semakin pandai, jika tidak maka kita tidak bisa apa-apa. Luangkan waktu kalian untuk berlatih ya!

·       Belajar bersama rekan yang ahli atau guru

   Hal ini menurut saya penting karena jika kita belajar sendiri kita akan susah berkembang bila dibandingkan dengan belajar bersama guru. Terlebih lagi, soal-soal yang diujikan di OSN lebih sulit dibandingkan dengan soal-soal sekolah. Bila ada kesulitan bisa bertanya pada guru atau rekan yang ahli. Beruntunglah anda bila di sekolah anda memiliki guru yang ahli mengerjakan soal olimpiade. Namun terkadang sering kita jumpai ada beberapa guru yang tidak bisa mengerjakan soal olimpiade. Pastinya kita bingung mau bertanya pada siapa. Udah kita aja tidak bisa, guru di sekolah pun tidak bisa, mau bertanya sama siapa??? Hal ini pernah saya alami sebelumnya karena keterbatasan sumber daya manusia di daerah saya. Saya tinggal di Denpasar tapi dosen yang ahli berada di Singaraja. Disini saya memberikan solusi untuk permasalahan ini

o                 Carilah orang yang ahli di bidang tertentu

   Disini yang saya maksudkan yaitu dosen atau orang bukan dosen tapi ahli di bidang olimpiade. Jika kalian bisa mengundang dosen ke rumah untuk belajar, manfaatkan kesempatan itu untuk belajar dengan maksimal. Dalam hal ini kalian harus mengeluarkan biaya. Jika tidak, usahakan bujuk sekolah kalian untuk mengundang dosen, agar kalian bisa belajar dengan maksimal. Berdasarkan pengalaman saya, saya privat dengan dosen dengan membayar uang Rp 350.000,00 per bulan untuk 1 kali pertemuan per minggu.

Aktif mengikuti forum di internet

Hal ini sudah saya pernah bahas di postingan sebelumnya. Silakan klik link disini untuk mengetahui lebih lanjut.



 Cukup sekian artikel dari saya. Semoga bermanfaat bagi anda semua. Bagi yang mau berkomentar, silakan berkomentar ya!! :D

No comments :

Post a Comment