Monday, March 10, 2014

Bertanya pada siapa lagi kalau seperti ini caranya ?



       Kalau kita ingin bertanya pada guru tentang soal OSN, tapi guru itu tidak bisa membantu anda. Bertanya pada orang terdekat juga tidak bisa membantu, lalu harus bertanya pada siapa lagi?

Ini merupakan salah satu kendala kita saat belajar untuk OSN. Hal ini pernah saya alami sebelumnya. Namun untungnya saya bisa menemukan solusi untuk masalah satu ini, yaitu ikut forum olimpiade di internet.

Pasti yang anda bayangkan pertama kali, “Emang ada forum seperti itu?” Jelas ada lah, buktinya saya bisa temukan.

Nah disini saya ingin memberitahu beberapa situs yang bisa jadi bahan belajar kalian untuk OSN Matematika (karena saya dulu mengikuti OSN Matematika)
  • Grup Facebook OSN Matematika

Forum ini didirikan oleh beberapa orang yang dulu pernah meraih medali di OSN Matematika serta orang-orang yang ahli dalam olimpiade matematika. Di grup ini, kalian hanya boleh bertanya seputar soal olimpiade matematika, bukan soal sekolah karena memang begitu aturan di grup tersebut. Jika ingin bertanya, anda ketik soal yang belum bisa anda selesaikan atau anda bisa foto soal tersebut dan kirim ke grup tersebut. Pasti ada yang jawab kok. Sebelum itu, join dulu grupnya ya! Silakan kalian bisa join forum ini dengan klik link disini 
  • Olimpiade.org

Situs ini dikelola oleh orang Indonesia. Dikelola beberapa orang yang dulu pernah meraih medali di OSN Matematika serta orang-orang yang ahli dalam olimpiade matematika. Tapi kalian harus buat akun dulu ya! Namun sebelum itu, kalian harus belajar latex dulu. Silakan klik link disini untuk mengetahui kode-kode lateks untuk membuat rumus
Untuk berkunjung ke olimpiade.org, silakan klik link disini
  • Brilliant
Di situs ini kalian tidak hanya bisa bertanya soal, tetapi juga bisa menjawab soal-soal yang tersedia di situs ini. Di situs ini tersedia soal-soal Matematika, Fisika, dan Computer Science. Soal-soal yang tersedia menurut saya kualitasnya bagus dan setara dengan soal OSK,OSP, maupun OSN. Di situs ini kalian layaknya bermain game karena soal-soal yang tersedia diberikan level dan poin tertentu. Penasaran? Silakan klik link disini
  • Art of Problem Solving
Situs ini menurut saya ‘’keren’’. Kalian bisa berkomunikasi dan menanyakan soal pada orang-orang di seluruh dunia. Di situs ini pula kalian bisa mengunduh soal-soal olimpiade yang diselenggarakan di berbagai belahan dunia, seperti AIME, AHSME, USAMTS, CANADIAN MATHEMATICS OLYMPIAD, dll. Selain belajar, bisa dapet soal pula. Penasaran? Silakan klik link disini

Sekian informasi dari saya, mohon maaf bila ada kesalahan kata. Semoga informasi yang saya berikan bermanfaat bagi anda. Akhir kata saya mengucapkan terimakasih. Wassalam

No comments :

Post a Comment